SELAMAT DATANG DI BLOG JogjaJogja INFO DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR JOGJA DAN SEKITARNYA DISINI ATAU ANDA BISA HUBUNGI KAMI DI 081390206456 / PIN BB 2202D636 TERIMAKASIH SALAM JOGJA ISTIMEWA

Senin, 02 September 2013

PANTAI POK TUNGGAL


Masih dikawasan Kabupaten gunungkidul yang mempunyai banyak sekali lokasi pantai dibagian selatannya ini yang sudah terjamah maupun yang masih benar benar belum terusik oleh keramaian pengunjung. Pantai Pok Tunggal berada dikawasan deretan pantai pantai nan indah di pesisir laut selatan yakni berada diantara pantai Indrayanti dan pantai siung.
Keberadaan pantai yang masih agak sulit dalam mencapainya membuat keberadaan pantai ini belum banyak dikenal dan juga jarang dikunjungi. Dengan benteng berupa karang karang yang menjulang di sekeliling pantai ini seolah menjadi pantai yang terisolir dari dunia luar. Namun jika kita berada di kawasan ini pastilah hanya decak kagum yang akan terdengar dan terucap dari para pengunjung pantai ini.Ditambah dengan keindahan pantainya itu sendiri dimana dengan pasirnya yang putih dan lautan nan biru akan semakin menambah takjub kita akan kawasan ini. Dengan kondisi jalan yang agak sulit akan terbayar dengan kondisi yang kemudian terlihat didepan mata kita.

Salah satu yang menjadi ciri khas dan ikon pantai ini adalah adanya sebuah pohon yang konon sulit untuk tumbuh di daerah ini yakni pohon Duras. Pohon ini tumbuh rindah dibibir pantai dan senantiasa dijaga oleh warga sekitar, sehingga anda pasti akan ditegur jika memanjat pohon ini.

Karena keasriannya dan kelestariannya kawasan ini masih terjaga dengan baik maka tidak heran jika di tebing tebing karang yang menjulang tersebut dapat kita jumpai beberapa primata liar diantaranya adalah kawanan monyet liar. Dan ditempat ini dapat kita jumpai mata air tawar, hal ini kemungkinan berasal dari sungai bawah tanah yang banyak terdapat pada pegunungan karst. Air tersebut banayak dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari hari bahkan untuk keperluan beberapa warung yang ada di sekitar pantai.

Salah satu yang sering dinantikan obyek wisata pantai yakni menunggu matahari terbenam atau sunset. Di pantai ini anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang menakjubkan bahkan tidak jarang ada beberapa pengunjung yang menghabiskan malam di tempat ini dengan mendirikan tenda untuk berkemah di tempat ini. Beberapa penduduk ditempat inipun menerima sinyal tersebut dengan menyediakan dan menyewakan tenda dome sehingga anda jika berkeinginan untuk bermalam di kawasan ini tidak perlu repot repot membawa tenda. Dengan harga Rp. 60.000 kita sudah dapat menyewa tenda dome tersebut.

Bagi anda yang tidak ingin bermalam namun ingin pulang sehabis menikmati sunset sebaiknya anda berhati hati dikarena belum adanya lampu penerangan jalan disamping itu medan jalan yang sempit dan berbatu. Untuk beberapa biaya yang mungkin anda keluarkan selama berada di pantai ini adalah biaya parkir untuk motor Rp. 2000, Mobil Rp. 5.000 dan minibus Rp. 15.000 sedangkan jika anda menghendaki payung pantai saat menikmati indahnya pantai dapat anda sewa dengan harga Rp. 20.000 sedangkan fasilitas kamar mandi untuk keperluan buang air kecil Rp. 2.000 sedangkan mandi anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000,-

How to get there :
Dengan kendaraan umum dari yogyakara menuju terminal wonosari dilanjutkan dengan angkutan yang menuju ke daerah tepus atau pantai indrayanti
Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Tempat terdekat : Pantai Wediombo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan koment anda disini